Aster Kodam IV/Diponegoro Canangkan TMKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Aster Kodam IV Diponegoro Kolonel Inf. Suhartono, SIP memberikan sambutan dan mencanangkan TMKK tingkat Provinsi Jawa Tengah di UTC Convention Hotel Semarang (14/9)

Semarang – Asisten Teritorial Kasdam IV Diponegoro Kolonel Inf. Suhartono, SIP mencanangkan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) tingkat Provinsi Jawa Tengah di Ruang Sadewa UTC Convention Hotel Semarang hari Senin (14/9), disaksikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Martin Suanta, SE. M.Si dan Kepala DP3AP2KB Jateng Dra. Retno Sudewi, Apt., M.Si. MM. Pencanangan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan kontribusi anggota TNI dalam percepatan capaian Program Bangga Kencana di lapangan meliputi peningkatan kesertaan ber-KB masyarakat dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam kelompok  kegiatan (poktan).

“Kami bekerja sama dengan petugas di lapangan untuk memberikan kesadaran pada masyarakat pentingnya program ini yang tujuannya adalah kesejahteraan keluarga yang bisa dicapai dengan keluarga yang kecil  dan terencana”, kata Aster terkait peran TNI dalam Bangga Kencana.

Pihaknya sepaham dengan BKKBN bahwa perencanaan keluarga bahwa jika diatur dengan baik, kondisi kesehatan anak akan terjamin. Oleh karenanya program Bangga Kencana perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Terkait pelayanan KB di masa pandemi, Kol. Inf. Suhartono mengatakan bahwa tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Jajaran TNI di lapangan telah bergerak di lapangan untuk antisipasi pandemi Covid-19 ini. Seperti diketahui, selain Babinsa yang ada di setiap desa, TNI juga memiliki fasilitas kesehatan yang representatif. Diharapkan akseptor dapat dilayani di faskes milik TNI tersebut agar tidak terjadi lonjakan drop out peserta KB yang berakibat pada penambahan kehamilan terlebih ketika pandemi belum berakhir.

Kaper BKKBN Jateng, Martin Suanta menanggapi serius kerja sama dengan TNI yang telah berjalan sejak dulu. Menurutnya, TNI merupakan mitra strategis dalam pencapaian target-target Bangga Kencana melalui kegiatan momentum.

“Dukungan TNI dalam percepatan pencapaian sasaran Program Bangga Kencana ini salah satunya dapat dilakukan melalui Kegiatan TNI KB Kesehatan di berbagai momentum yang ada”, kata Martin Suanta.

“Dalam penguatan dengan TNI, kita bersama-sama bersinergi membangun komitmen bersama untuk menciptakan kegiatan yang berhubungan dengan program kita secara harmonis”, lanjutnya.

Martin Suanta memanfaatkan pencanangan TMKK ini untuk menggenjot target di pekan pelayanan (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) MKJP dalam rangka Peringatan World Contraception Day. Jateng ditarget dapat melayani 41.060 akseptor IUD dan Implant pada pekan MKJP ini. Sampai kegiatan ini dilaksanakan, baru terlayani sekitar 40%. Meski demikian, kaper optimis target tersebut dapat dipenuhi apabila pelayanan KB momentum dapat dimaksimalkan.

Pihaknya menyadari bahwa pandemi Covid-19 menjadi hambatan yang cukup menyulitkan untuk pelaksanaan pelayanan KB di berbagai wilayah di Jawa Tengah. Para penyuluh KB dan bidan harus berinovasi agar tetap dapat memberikan pelayanan yang aman dan nyaman pada para akseptor. Bagaimana pun, kaper menekankan agar keselamatan akseptor dan provider KB selalu diperhatikan.

 

Rangkaian acara pencanangan diisi dengan pemberian materi “Peran TNI dalam Penggarapan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana” oleh Pabandya Bhakti Kodam IV Diponegoro Letkol. Inf. May Artantyo dan “Strategi Pelayanan KB di Era Adaptasi Kebiasaan Baru/ new normal” oleh dr. Mirojul Haririyyah dari BKKBN Jateng. Peserta pertemuan yang terdiri dari para Pasiter Kodim se Jawa Tengah mengikuti dengan seksama kegiatan ini. T2S.

Penyunting

BKKBN PROVINSI JAWA TENGAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *