“BISMA KEREN” antarkan Vandika masuk 5 besar dan Bela 10 besar Duta Genre Indonesia Tahun 2020

Vandika Febrian dan Bela Yusvika, Duta Genre Jawa Tengah Putra dan Putri Tahun 2020 mengikuti secara seksama secara virtual gelaran Grand Final ADU JAK Tingkat Nasional Tahun 2020, Kamis (3/12). Foto : AFDA – Advokasi & KIE

Semarang – Aplikasi “BISMA” yang merupakan akronim dari Bilik Diskusi Remaja sukses antarkan Vandika Febrian, Duta Genre Putra Jawa Tengah, menjadi finalis 5 besar dalam ADU JAK (Apresiasi Duta Genre dan Ajang Kreatifitas Genre) Tingkat Nasional Tahun 2020 yang digelar secara virtual sejak Senin lalu.

Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi dengan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dibawah asuhan Dr. Hastaning Sakti, M.Kes, Psi yang didalamnya terdapat fitur “curhat yuk”. Fitur ini sebagai wadah konseling remaja dengan para pakar dan konselor sebaya mengenai segala hal yang berkaitan dengan kehidupan remaja.

Sedangkan Bela Yusvika, Duta Genre Putri Jawa Tengah, yang mengusung kampanye Genre “KEREN” berhasil masuk 10 besar dalam ajang yang sama untuk kategori putri.

Kampanye Genre “KEREN” yang menjadi program unggulannya merupakan singkatan dari Generasi Berencana yang ber – Knowledge, Empowering, Religius, Empaty and Networking. Kampanye ini mengajak para remaja untuk tidak menjauhi hal – hal negatif seperti bullying, narkoba, seks bebas hingga pernikahan anak melalui berbagai kanal media.

Gelaran ADU JAK tahun ini sangat berbeda sekali dengan ajang – ajang yang pernah diselenggarakan pada tahun – tahun sebelumnya. Mengingat kondisi pandemi covid yang masih berlangsung di Indonesia, sehingga seluruh agenda kegiatang beserta penilaiannya dilakukan secara daring dan virtual memanfaatkan teknologi media sosial yang ada.

Dr. (HC). dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG, Kepala BKKBN dalam sambutannya pada Grand Final ADU JAK Tahun 2020 yang berlangsung Kamis siang ini (3/12) menitipkan pesan kepada seluruh Duta Genre di Indonesia untuk mengambil dan meneruskan nilai – nilai positif yang didapatkan dari penyelenggaraan ajang besar ini.

“Percuma saja juara, jika tidak mampu berubah (ke arah yang positif), minimal untuk diri sendiri” ujar Hasto, sapaannya.

Menurutnya, melalui ajang ini diharapkan mampu muncul perubahan – perubahan positif minimal pada masing – masing pribadi Duta Genre dan alangkah lebih bagus lagi jika mampu ditularkan ke lingkungan terdekatnya.

Masuknya Vandika dan Bela ke posisi 10 dan 5 besar dalam gelaran ini menjadi kado manis tersendiri bagi Jawa Tengah walaupun belum berhasil menyabet peringkat pertama. Hal ini dikarenakan sudah lama perwakilan Duta Genre dari Jawa Tengah tidak masuk secara bersamaan dalam 10 besar pada ajang ini, mengingat pada tahun – tahun sebelumnya biasanya hanya salah satu kategori (putra, putri, favorit) saja yang masuk.

Martin Suanta, SE, M.Si, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah mengapresiasi sekali perjuangan keduanya dalam ajang ini. Ia sangat bangga dengan semangat, kegigihan dan ketulusannya dalam mengikuti ajang ini sehingga mampu menembus 10 dan 5 besar meskipun belum berhasil membawa kembali mahkota Duta Genre Indonesia ke Jawa Tengah.

Tak lupa, ia juga berpesan kepada keduanya untuk tidak berkecil hati atas hasil yang didapatkan pada ajang ini. Menurutnya, ini bukan akhir dari segala perjuangan namun merupakan awal pembuktian diri untuk terus dapat memberikan warna dan perubahan tersendiri bagi remaja Jawa Tengah, dengan menyebarluaskan virus – virus Genre, paling tidak untuk setahun kedepan.

Hadir pula secara langsung memberikan semangat dan dukungannya untuk kedua Duta Genre Jawa Tengah ini Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Jepara, Ir. Inah Nuroniah, M.Si, Kepala Bidang KS Dinas PP dan KB Kota Semarang, A. Sediatmoko dan Kepala Bidang KS Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Agoes Poedjianto, SH, M.Kes.

Untuk ajang ADU JAK tahun ini, provinsi Jawa Barat dan Sumatera Barat berhasil menyabet Terbaik I Duta Genre Indonesia Kategori Putra dan Putri. Selamat!!! AFDA

 

Penyunting

BKKBN PROVINSI JAWA TENGAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *