Artikel: LOKAKARYA PENINGKATAN SDM IPeKB SE JAWA TENGAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KB.

Judul

LOKAKARYA PENINGKATAN SDM IPeKB  SE JAWA TENGAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KB.

Isi

Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana ( PLKB ) adalah ujung tombak dalam pelaksanaan program KB di Indonesia, selain sebagai mitra kerja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ).


Namun sejak era otonomi daerah pada tahun 2003, kebijakan politik berubah drastis, BKKBN sebagai instansi vertikal dari pusat hingga daerah mengelola program KB seakan dihentikan, BKKBN di Kabupaten / Kota pun dihilangkan sehingga berdampak pada tenaga penyuluh Program KB di Kabupaten / Kota yang seakan seperti anak ayam kehilangan induknya. Tenaga Penyuluh Program KB se- Jateng saat ini hanya berjumlah 3.267 untuk melayani lebih dari 6,4 juta pasangan usia subur (PUS),tenaga PLKB yang biasanya 1 orang Penyuluh memegang 1 desa, sekarang harus bekerja extra keras karena diberi tanggung jawab memegang  2 bahkan ada yang sampai 4 desa dari jumlah desa 8.574 desa di Jawa Tengah, karena tenaga Penyuluh KB yang dimutasikan diberbagai instansi yang tidak terkait kompetensi atau dialih fungsikan oleh Kabupaten/Kota masing-masing. Program KB seakan terabaikan pada masa reformasi.


Seiring dinamika program KB, serta berubahnya kebijakan politik pada Kabupaten/Kota berdasar Undang-Undang No.52 tahun 2009, saat ini program KB menjadi program wajib di Kabupaten / Kota. Para pemimpin di Kabupaten / Kota semua berupaya memaksimalkan dalam mewujudkan keberhasilan program KB. Dan untuk meningkatkan SDM serta memberikan apresiasi terhadap tenaga Penyuluh Program KB dalam wadah Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana ( IPeKB ) supaya lebih bersemangat dalam menyukseskan program KB di Jateng meskipun tugasnya yang semakin berat maka diadakannya kegiatan Lokakarya Peningkatan SDM Lini Lapangan Dalam Pelaksanaan Program KB di berbagai eks Karesidenan se Jawa Tengah th 2011.


Kegiatan Lokakarya tersebut diselenggarakan pada bulan April 2011 dengan diawali di Eks Karesidenan Pati bertempat di Pendopo Bupati Kab.Blora pada tanggal 14 April 2011 yang diikuti oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis atau Koordinator KB, serta PLKB/PKB Kabupaten Pati, Kudus, Blora, Jepara, serta Kab. Rembang, masing-masing berjumlah Ka.UPT 68 peserta dan PLKB 304 peserta, kemudian di Eks Karesidenan Kedu bertempat di Gedung Adipura Kab. Wonosobo pada tanggal 20 April 2011 yang diikuti 114 Ka.UPT/Koordinator dan tenaga penyuluh KB 469 peserta, selanjutnya pada tanggal 26 April 2011 di Eks Karesidenan Banyumas bertempat di Bumi Perkemahan Munjuluhur Kab. Purbalingga yang diikuti 89 Ka.UPT/Koordinator KB dan PLKB 348 peserta, yang terakhir pada bulan April tanggal 28 di Eks Karesidenan Semarang bertempat di Gor Simpang Lima Kab. Purwodadi yang diikuti oleh 94 Ka.UPT/Koordinator KB, serta PKB/PLKB sejumlah 362 peserta. Selain pemberian materi oleh Kepala Bidang KB-KR, Dra.Tjondrorini,Mkes serta Kepala Bidang PKS-PK Ir.Nanik Budihastuti, MP sebagai pembekalan tugas-tugas PLKB di tahun 2011 dalam mencapai target 2011 juga diwarnai dengan pemberian penghargaan untuk para Kepala SKPD-KB sebagai pengelola program KB terbaik, penghargaan berupa piagam yang diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN Jateng, Dra.Sri Murtiningsih,MS. Kegiatan Lokakarya ini dibuka secara resmi oleh para Bupati / Wakil Bupati masing-masing Karesidenan yang menjadi tuan rumah, pemakaian jaket IPeKB serta pemberian plakat IpeKB kepada Bupati/Wakil Bupati juga mewarnai kegiatan ini. Kegiatan Lokakarya ini juga dihadiri oleh para petinggi BKKBN Pusat seperti Deputi Advokasi, Penggerakan dan Informasi Drs.Pristy Waluyo yang hadir di Kabupaten Wonosobo serta Sekretaris Utama BKKBN Pusat DR.Sudibyo Alimoeso,MA hadir di Kabupaten Purbalingga, beliau-beliau hadir selain menyampaikan pembekalan kepada para petugas Penyuluh KB juga menyumbangkan suara emasnya untuk refresh PLKB, dan sebagai puncak acara pada kegiatan Lokakarya ini adalah pemberian penghargaan kepada Ibu Dra.Sri Murtiningsih,MS sebagai ibu IPeKB dan Motivator sejati di Jawa Tengah juga pemberian penghargaan kepada Sestama Bapak DR. Sudibyo Alimoeso,MA sebagai bapak Pelopor IPeKB Indonesia.


Selain pemberian penghargaan dan penyampaian materi kegiatan ini juga diisi dengan Lomba Paduan Suara Mars IPeKB, dengan juara pada masing-masing Karesidenan yaitu Kab.Jepara sebagai juara I, Kab.Blora juara II, dan Kab.Rembang juara III pada Eks Karesidenan Pati, sedangkan pada Eks Karesidenan Kedu juara I diraih oleh Kab.Wonosobo, juara II Kab.Kebumen dan juara III Kab.Magelang. pada Eks Karesidenan Banyumas juara I diraih Kab.Banyumas, juara II Kab.Purbalingga dan juara III Kab.Banjarnegara, pada Eks Karesidenan Semarang juara I Kab.Kendal, juara II Kota Semarang dan juara III Kab.Semarang.


Kegiatan Lokakarya Peningkatan SDM Lini Lapangan dalam Pelaksanaan Program KB ini diharapkan dapat memicu tenaga penyuluh lapangan program KB untuk lebih meningkatkan kompetensi dalam mewujudkan keberhasilan Program KB. (Fittry R .Advokasi KIE)

JudulInggris

 

IsiInggris

 

Kategori

BkkbN

TanggalArtikel

5/3/2011

Attachments

Created at 1/14/2013 12:36 PM by SharePoint Administrator
Last modified at 1/14/2013 12:36 PM by SharePoint Administrator