Depan > Index Berita > ​Bupati Tegal Minta Anak-anak Dijauhkan dari Gadget
​Bupati Tegal Minta Anak-anak Dijauhkan dari Gadget
Kamis, 10 Agustus 2017

WhatsApp Image 2017-08-03 at 12.57.17.jpeg
Kepala BKKBN dr. Surya Chandra Surapaty, MPH, Ph.D menyematkan Manggala Karya Kencana pada Bupati Tegal Enthus Susmono pada Peringatan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Tegal di Pendopo Amangkurat Slawi (3/8). Foto: Dok. Tatas-AKIE

Slawi-Bupati Tegal Enthus Susmono menekankan agar para orang tua mengawasi buah hatinya dalam mempergunakan perangkat komunikasi modern seperti telepon pintar. Hal tersebut disampaikan pada saat Peringatan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Tegal di Pendopo Amangkurat Kamis (3/8). Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BKKBN dr. Surya Chandra Surapaty, MPH, Ph.D, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Wagino, SH, M.Si, Wakil Bupati Tegal Dra Umi Azizah, Ketua TP PKK Ny. Nurlaelah Enthus Susmono, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tegal Drs. A. Thosim, MM dan segenap Forkompinda Kabupaten Tegal.
Anak-anak di masa mendatang, menurut Bupati Enthus akan menghadapi tantangan yang lebih berat dibanding generasi saat ini. Mereka akan menghadapi perkembangan teknologi yang selain memiliki manfaat juga membawa dampak negatif. Segala fitnah, Pornografi, ujaran kebencian, berita bohong, maupun gagasan radikal seringkali muncul  melalui media sosial yang kini dengan mudah diakses oleh anak-anak di bawah umur.

“Kalau kita memerangi seribu musuh, gampang. Tetapi kita memerangi hape yang sudah sangat familiar dipegang oleh anak-anak tanpa pengawasan”, kata Ki Enthus yang populer sebagai seorang Dalang kondang dengan segudang prestasi.

Bupati Tegal dalam kesempatan tersebut mendapatkan Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN Republik Indonesia. Dalang Kondang ini dianugrahi MKK karena kontribusinya dalam menyukseskan Program Keluarga Berencana di wilayahnya. Sang istri, Nyonya Nurlaelah Enthus Susmono telah mendapatkan penghargaan serupa pada saat Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional di Provinsi Lampung tanggal 15 Juli 2017 silam.

Kepala BKKBN mengucapkan selamat pada Bupati Tegal atas prestasi yang telah diterima. Dr Surya Chandra juga mengajak hadirin untuk menanamkan Revolusi Mental mulai dari keluarga. Ia meyakini bahwa kualitas bangsa dibentuk mulai dari keluarga dengan pendidikan karakter.

“Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat sekaligus wahana ayang pertama dan utama penyemaian karakter anak bangsa”, tegas dr. Surya Chandra.

Dengan demikian akan terwujud suatu bangsa yang berdikari secara ekonomi, berdaulat secara politik dan berkepribadian secara kebudayaan yang mampu bersain secara global. Hal tersebut dapat diupayakan melalui adanya komunikasi yang intensif diantara anggota keluarga, saling asah, asih dan asuh.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan adanya gelaran dagang UPPKS dari 18 kecamatan di Kabupaten Tegal, tari topeng Endel dari SLB Slawi dan Dialog Suara Anak. Tatas-AKIE