Depan > Index Berita > Rumah Duta Revolusi Mental diresmikan, Manggala Karya Kencana dianugerahkan ke Walikota Semarang
Rumah Duta Revolusi Mental diresmikan, Manggala Karya Kencana dianugerahkan ke Walikota Semarang
Senin, 18 September 2017

MKK Walkot Smg.jpeg
Kepala BKKBN RI, dr. Surya Candra Surapathy, MPH, Ph.D menyematkan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, SE, MM dalam acara Peresmian Rumah Duta Revolusi Mental (15/9). Foto : Dok. Tatas Advokasi&KIE

Semarang-Pemerintah Kota Semarang terbukti memiliki komitmen kuat dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, salah satunya diwujudkan melalui Rumah Duta Revolusi Mental. Jumat (15/9) kemarin, Rumah Duta Revolusi Mental (RDRM) Kota Semarang yang berlokasi di Jalan Simongan Raya 49 Semarang diresmikan langsung oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, SE, MM.  Turut hadir dalam peresmian tersebut diantaranya Kepala BKKBN RI, dr. Surya Candra Surapathy, MPH, Ph.D, Wakil Walikota Semarang, Ir. Hevearita Gunaryanti Rahayu, Ketua TP PKK Kota Semarang, Krisseptiana, SH, MM, Forkompinda Kota Semarang, jajaran Pemerintah Kota Semarang serta para pengusaha di sekitar lokasi Rumah Duta Revolusi Mental.

Walikota Semarang dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya pengendalian penduduk harus diperhatikan dan dilaksanakan secara sungguh – sungguh dan bersama – sama melibatkan seluruh pihak, seperti TNI, PKK, Dharma Wanita. Muara dari upaya tersebut adalah demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang berkualitas, baik secara fisik maupun mental.

“Rumah Duta Revolusi Mental, sebuah gebrakan dari pemerintah yang ingin ditunjukan kepada masyarakat bahwa aspek pembangunan manusia tidak hanya dari sisi fisik saja”, ujar Hendi, sapaannya. Selain itu, Ia juga berharap dengan adanya Rumah Duta Revolusi Mental, masyarakat luas khususnya Kota Semarang mau untuk memanfaatkannya sebagai sarana dan wahana berkonsultasi mengenai permasalahan sosial dalam rangka mendapatkan solusinya, tentunya dengan pendekatan mental dan spiritual.

Pada kesempatan itu pula, Walikota Semarang diberikan sebuah kehormatan dari BKKBN RI melalui penganugerahan penghargaan Manggala Karya Kencana yang diserahkan secara langsung oleh Kepala BKKBN RI. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi dari BKKBN RI atas kontribusi, partisipasi dan dukungan Walikota Semarang dalam mensukseskan pelaksanaan program Kependudukan, KB dan Pembangunan Kependudukan di wilayahnya. 

Tak lupa, dr. Surya Candra Surapathy, MPH, Ph.D, Kepala BKKBN RI mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Walikota Semarang atas prestasinya dan juga berpesan untuk terus dan selalu mendukung program ini. Ia juga mengingatkan kepada seluruh hadirin bahwa keluarga merupakan sarana pertama dan utama dalam membentuk karakter manusia.

Ungkapnya, hal tersebut senada dengan tujuan pembangunan nasional yang tertuang dalam Nawacita, terutama cita ke – 5 dan 8 bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia harus dilakukan melalui pembentukan karakter bangsa dan Revolusi Mental merupakan salah satu upayanya. Masih menurutnya, Revolusi Mental sebagai upaya pembentukan karakter harus dimulai sejak dini, saat ibu mulai mengandung janin bayinya. Pola asih asah dan asuh harus selalu dikembangkan tiap keluarga, sehingga hal tersebut tentu membutuhkan perencanaan yang matang. 

“KB itu bukan hanya masalah kontrasepsi saja, tapi bagaimana cara meningkatkan kualitas manusia melalui perencanaan dalam berkeluarga”, tegas beliau.

Pengguntingan pita oleh Kepala BKKBN RI menandai telah beroperasionalnya secara resmi Rumah Duta Revolusi Mental. Tenaga – tenaga ahli di bidangnya, seperti psikolog dan advokat telah disediakan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin berkunjung sekaligus berkonsultasi disana. Aulia-Advokasi&KIE