Depan > Index Berita > Dongkrak percepatan pembangunan, Kampung KB Desa Mangunanlor dicanangkan
Dongkrak percepatan pembangunan, Kampung KB Desa Mangunanlor dicanangkan
Sabtu, 16 September 2017

IMG_2443.JPG
Kepala BKKBN RI, dr. Surya Candra Surapathy, MPH, Ph.D memukul gong didampingi Bupati Demak, Plh. Kaper Perwakilan BKKBN Prov. Jateng dan Kepala Dinpermasdes Dalduk & KB Kab. Demak sebagai tanda secara resmi RW III Desa Mangunanlor Kecamatan Kebonagung dicanangkan menjadi Kampung KB (14/9). Foto : Dok. Tatas Advokasi&KIE


Demak-Tantangan masalah kependudukan sudah didepan mata dan semakin lama menjadi lebih berat. Indonesia saat ini mengalami fase dimana jumlah populasi manusia usia produktif lebih besar dan mendominasi dibandingkan dengan populasi usia non produktif. Fase  tersebut jika tidak dimanfaatkan dengan meningkatkan kualitas hidup manusianya, maka bencana kependudukan tinggal menunggu saatnya tiba.

“Itulah mengapa program Keluarga Berencana perlu digalakkan kembali, perlu direvitalisasi”, tegas Kepala BKKBN RI, dr. Surya Candra Surapathy, MPH, Ph.D dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Demak saat acara Pencanangan Kampung KB RW III Desa Mangunanlor Kecamatan Kebonagung pada Kamis (14/9) kemarin.

Senada dengan beliau, Camat Kebonagung yang juga mantan penyuluh KB ini, mengatakan dalam sambutan selamat datangnya bahwa pemilihan dan penetapan Desa Mangunanlor sebagai Kampung KB merupakan upaya pemerintah kecamatan dan desa untuk mendongkrak percepatan pembangunan, mengingat desa tersebut masuk dalam desa dengan klasifikasi kecil, jumlah keluarga pra sejahtera masih banyak serta tingkat kesertaan ber-KB masih rendah dibandingkan dengan desa – desa di sekitarnya.

Bupati Demak, H.M. Natsir menjelaskan, “Demak itu punya potensi kebersamaan dalam segala hal, termasuk dalam membentuk Kampung KB ini juga harus dilakukan bersama – sama, demi Demak yang lebih baik”. Saat ini, sudah terdapat 28 Kampung KB yang tersebar di berbagai penjuru wilayah di Kabupaten Demak. Beliau sangat mengharapkan dengan adanya Kampung KB ini, keluarga – keluarga yang ada di wilayah Kampung KB akan terbangun kesadarannya untuk merencanakan keluarganya sehingga akan tertata lebih baik masa depannya dan sejahtera. 

 
Pemukulan gong yang dilakukan oleh Kepala BKKBN RI didampingi Bupati Demak, Plh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Demak serta Camat Kebonagung menandai dicanangkannya RW III Desa Mangunanlor Kecamatan Kebonagung sebagai Kampung KB.

Pada acara itu juga diberikan penghargaan kepada para pengelola program KKBPK di lapangan seperti Kader KB Desa atas raihan prestasinya dalam menggerakan masyarakat untuk ikut serta ber-KB MKJP.

Kelompok – kelompok Tri Bina (BKB, BKL, BKR) yang ada di Desa Mangunanlor turut serta memeriahkan kegiatan pencanangan tersebut. Tak ketinggalan, kelompok UPPKS juga ikut serta memamerkan produk – produk unggulannya kepada masyarakat dan pejabat yang hadir disitu. Aulia-Advokasi & KIE