Kaper BKKBN Jateng Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas

Kepala Perwakilan BKKBN jateng melantik pejabat struktural baru di Kantor BKKBN Jawa Tengah pada Jumat (10/1) lalu.
Kepala Perwakilan BKKBN jateng melantik pejabat struktural di Kantor BKKBN Jawa Tengah pada Jumat (10/1) lalu.

Semarang-Mengawali tahun 2020, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Jawa Tengah Wagino, SH., M.Si melantik empat pejabat administrator dan enam pejabat pengawas di Ruang Pertemuan ‘Vasektomi’ lantai 1 Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Jalan Pemuda 79 Semarang, Jumat (10/1) lalu. Pelantikan ini dimaksudkan selain untuk mengisi beberapa posisi kosong juga untuk penyegaran organisasi dalam rangka pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Dalam sambutannya, Kepala Perwaklilan mengatakan bahwa mutasi bukanlah hal yang luar biasa namun merupakan hal yang mungkin dan kapan saja bisa terjadi sesuai dengan kebutuhan organisasi. Wagino meminta agar seluruh pejabat yang dilantik segera membentuk teamwork yang kuat.

“Saya berharap kepada pejabat yang baru dilantik agar mengkondisikan di semua komponen sehingga dapat memperkuat teamwork masing-masing untuk segera menyelesaikan kegiatan-kegiatan yang menjadi tugas pokok dan fungsinya sehingga ada sinergitas antara BKKBN dan Mitra kerja terkait”, kata Wagino.

Lebih lanjut ia berpesan agar para pejabat yang dilantik segera melakukan serah terima tugas kepada pejabat baru yang menggantikan. Disusul melakukan konsolidasi internal masing-masing, agar tugas pokok dan fungsi dapat berjalan baik tanpa terpengaruh adanya pergantian pejabat. Kaper juga mengajak untuk senantiasa mengimplementasikan Corporate Culture BKKBN Jateng yakni ‘kompak, semangat, maju’ agar kinerja pencapaian program dapat terdongkrak.

Secara substansif, Kaper mengkorelasikan program KKBPK dengan isu hangat yang berhembus baru-baru ini, di mana seorang WNI yang notabene sangat berpendidikan didakwa melakukan kejahatan seksual di Inggris. Menurut Kaper, hal ini perlu menjadi perhatian semua pihak sebab pendidikan tinggi tidak menjamin seseorang dapat menjauhkan diri dari perilaku menyimpang. Keluargalah justru menjadi tempat yang tepat untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter dan akhlak yang mulia.

Ia juga menyinggung paparan Dr. Bagus Riyono, MA di Fakultas Psikologi UGM yang dihadirinya sehari sebelumnya menyangkut hasil penelitian di  Kabupaten Gunung Kidul. Dr. Bagus menyampaikan bahwa banyak remaja Gunung Kidul yang melakukan kejahatan tanpa sebab yang jelas. Disinyalir hal tersebut disebabkan kurangnya teladan dari ayah di mata mereka, sedangkan para ibu disibukkan dengan berbagai urusan.  Terbengkalainya pengasuhan anak dan remaja ternyata membawa dampak yang besar bagi mereka di masa-masa menuju kedewasaan, sehingga cenderung destruktif.

Ia juga mendorong agar para karyawan di lingkungan BKKBN Jateng untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan perkembangan zaman utamanya pemanfaatan Teknologi Informasi yang kini semakin menjadi tulang punggung.

“Pengelolaan KKBPK dihadapkan pada tantangan yang cukup besar dan diharapkan kita mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi, terlebih dalam membangun citra positif  lembaga”, kata Kaper terkait adanya rebranding institusi yang meliputi logo, tagline dan jingle demi beradaptasi dengan kebutuhan kaum milenial sebagai sasaran program ini.

Dalam kesempatan itu juga ditandatangani Pakta Integritas oleh para pejabat struktural, diserahkan Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Unit layanan Pengadaan  serta Surat Tugas Pengelola Keuangan dan SAI.

Berikut daftar pejabat yang dilantik Jumat lalu:

  1. Rustamadi SH, MM jabatan sebelumnya Kabid ADPIN dilantik sebagai Sekretaris
  2. Herlin Is Ambarwati jabatan sebelumnya Kepala Balai Diklat KKB Ambarawa dilantik sebagai Kepala Bidang Pengendalian Penduduk
  3. Farida Sumarlin jabatan sebelumnya Kepala Balai diklat KKB Banyumas dilantik sebagai Kepala Bidang ADPIN
  4. Elyana, S.Psi., M.Si jabatan sebelumnya Kepala Balai Diklat KKB Pati dilantik sebagai Kepala Balai Diklat KKB Ambarawa
  5. Adi Setyo Pramono, SE. MM jabatan sebelumnya Kasubid Data dan Informasi dilantik sebagai Kasubid Dampak Kependudukan
  6. Kosasih Gunawan, SE jabatan sebelumnya Kasubid Tata Operasional Latbang dilantik sebagai kasubid Program dan Kerjasama Latbang
  7. Sri Rahayu, SKM., MM jabatan sebelumnya kasubid Pemberdayaan Ekonomi Keluarga dilantik sebagai Kasubid Bina Ketahanan Remaja
  8. Lilik Saptyo Julianto, SH., MM jabatan sebelumnya Kasubid Program dan Kerjasama Latbang dilantik sebagai Kasubid Pemberdayaan Ekonomi Keluarga
  9. Shinta Istriani Soekendro, SE jabatan sebelumnya Kasi Program dan Kerja sama Diklat KKB Ambarawa dilantik sebagai Kasubdi Tata Operasional Latbang
  10. Haris Gunarto, SH jabatan sebelumnya Kasi Program dan Kerjasama Balai Diklat KKB Banyumas dilantik sebagai Kasi Program dan Kerjasama Balai Diklat Ambarawa.

Penyunting

BKKBN PROVINSI JAWA TENGAH